read

Akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bisa nulis tentang tema ini, sudah lama saya ingin menuliskan tentang ini, karena sudah lama juga sejak saya masa SMA sudah tertarik untuk masuk ke dalam dunia Open Source, walaupun masih sebagai penggembira yang cuma bisa nonton di pinggir lapangan. hehe. Setelah agak lama terjun di dunia pemrograman selama di Universitas dan mengikuti komunitas open source baik internal di kampus maupun eksternal, saya juga masih belum merasakan feel yang sebenarnya, yaitu seperti pertanyaan “Apa sih enaknya masuk dan ikut kontribusi di dunia Open source?”, karena selama ini memang hanya menjadi pengguna produk open source saja, tapi semenjak tahun 2013 mengenal VCS dan khususnya github untuk media berkontibusi antar penggiat lainnya, mata saya sedikit terbuka dan bisa sedikit merasakan “nikmatnya” bisa berkontribusi walaupun hanya sedikit saat itu.

Lalu saya tidak lagi aktif berkontribusi setelah itu dan lumayan vakum karena kesibukan beberapa aktifitas di dunia startup dan kampus, dan semangat berbagi itu juga mulai hilang. Tapi akhirnya setelah beberapa bulan ini mengkuti ajang BesutKode yang digelar oleh Wikimedia Indonesia, semangat saya untuk berkontribusi bisa ditumbuhkan lagi, dan rasa “puas” setelah baris code yang kita buat mendapatkan review dan diskusi hangat menimbulkan semangat yang tadi perlahan hilang mulai muncul lagi. Ada kesan yg bisa saya ambil dari beberapa task yang diberikan pada event ini, yaitu “Semangat Untuk Saling Melengkapi”. Karena dengan semangat ingin kontribusi, semua hal yang terbatas, bisa menjadi tak terbatas jika bisa dilakukan secara bersama.

Semangat ini juga yang ingin saya tularkan kepada teman-teman adik kelas saya di Universitas untuk mau lebih sadar dalam berkontribusi, karena dengan kontribusi itulah kita bisa tau apa kelemahan kita, dan apa yang harus kita pelajari untuk memperbaikinya, semangat itu yang bisa saya simpulkan untuk sementara dengan “Semangat Open Source”. Karena dengan membuka pikiran kita dengan kontibusi (apapun itu), berarti membuka peluang untuk lebih bisa mengkoreksi diri kita sendiri agar lebih baik.

Terima kasih untuk seluruh teman teman peserta BesutKode yang hebat dan keren-keren pake banget, untuk penyelengara BesutKode yaitu Wikimedia dan terutama untuk para mentor kita yang tetap sabar membimbing para peserta yaitu mas John Vandenberg.

Kuwait - 9 November 2016

Blog Logo

M. Nafian Wildana


Published

Image

Whatever you are be a good one

Android Developer, blog writer, hiker, and human.

Back to Overview